RPP Matematika
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SD Zhafira
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : V (Lima) / I (Satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Menggunakan pengukuran
waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Melakukan
operasi hitung satuan waktu
C.
Indikator
·
Menyelidiki
operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
D.
Tujuan
·
Dengan berhitung
menggunakan Bagan Kacamata Waktu siswa mampu menyelidiki operasi hitung yang
melibatkan satuan waktu
Karakter yang
diharapkan : religius, kreatif,mandiri, rasa ingin tahu, demokratis,
komunikatif, disiplin, kerja keras
E.
Materi Ajar
Operasi hitung dengan satuan waktu
F.
Alokasi Waktu
2 x 35 menit ( 1 x pertemuan)
G.
Model dan Metode
1. Model Pembelajaran :
PAIKEM
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, Pemahaman
H.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan ( 5 menit)
a. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam ( Komunikatif)
b. Siswa memimpin doa ( Religius)
c. Guru melakukan presensi secara klasikal ( Disiplin)
d. Guru menanyakan kesiapan peserta didik dalam menerima
pembelajaran( Demokratis)
e. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan
materi sesuai dengan silabus (komunikatif)
2.
Inti (40 menit)
a. Eksplorasi
-
Guru menanyakan
masalah yang berkaitan dengan waktu contohnya
: (sekarang pukul berapa anak-anak?, 1 jam ada berapa menit? dll )
-
Siswa memberikan
pendapat tentang soal yang diajukan oleh guru (mandiri)
b. Elaborasi
-
Guru
memperlihatkan Bagan Kacamata Waktu yang masih rumpang kepada siswa
-
Siswa bersama
guru melengkapi Bagan Kacamata Waktu (kreatif)
-
Guru menerangkan
cara menggunakan bagan kacamata waktu (kreatif)
-
Masing –masing
siswa dibagikan kertas warna oleh guru (mandiri)
-
Siswa menggambar
bagan Kacamata Waktu pada kertas yang telah di bagikan (kreatif)
-
Setelah seluruh
siswa menggambar Bagan Kacamata Waktu guru memberi pertanyaan kepada siswa
(kerja keras)
-
Siswa yang dapat
menjawab soal diberi point ( menghargai prestasi)
c. Konfirmasi
-
Guru memberi
penguatan verbal maupun nonverbal kepada siswa (komunikatif)
-
Siswa
yang kurang mengerti dapat bertanya kepada guru (demokratis)
-
Siswa
bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini (demokratis)
3. Penutup (25 menit)
a. Siswa mengerjakan soal tentang waktu (mandiri)
b. Guru bersama siswa mencocokkan jawaban dari soal
(demokratis)
c. Seluruh jawaban dikumpulkan kepada guru
d. Guru memberi dukungan agar siswa lebih semangat
belajar dan mendapat point yang lebih banyak untuk pertemuan selanjutnya
(kreatif)
e. Guru menutup pembelajaran dengan salam ( komunikatif)
I.
Penilaian
Prosedur
: postest
Jenis
: Lisan, Tertulis
Bentuk
: Isian, uraian
Instrumen
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Instrumen/ Soal
|
2.2.1
Menyelidiki operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
|
1. 1,5 jam = … menit
2. Ibu pergi ke pasar 45 menit yang lalu
dan akan tiba di rumah 90 menit lagi. Sekarang pukul 07.30. Pukul berapa ibu
berangkat ke pasar ?
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Skor
3 = sangat baik
Skor
2 = baik
Skor
1 = cukup baik
Nilai
akhir : jumlah jawaban benar x 5
J.
Sumber Belajar
a.
Alat / Media
Bagan
Kacamata Waktu
Kertas
Lipat warna
b.
Sumber
1)
Buku
BSE Matematika 5 karangan R.J Soenarjo hal 74-77.
2)
Buku
BSE Gemar Matematika kelas 5 karangan Sumanto hal 46-51
Semarang , 26 Desember 2012
Mengetahui,
Praktikan
Joko Sulianto Septi
Dewi Sartika
NPM.10120315
07:07
|
Label:
Kumpulan RPP Kreatif
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Powered by Blogger.
1 komentar:
Bagan kacamata waktu itu yang seperti apa ya?
Post a Comment