RPP Bahasa Indonesia kelas V
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Zhafira
Kelas
/ Semester : V (Lima) / I (Satu)
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jumlah
Pertemuan : 1 x pertemuan
A.
Standar
Kompetensi
Membaca
3. Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menemukan
gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.
C.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gagasan utama pada teks dengan
membaca cepat 75 kata per menit
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah siswa duduk
berpasangan dan secara bergantian menghitung jumlah KM dan KEM masing-masing
siswa mampu mengidentifikasi gagasan utama pada teks dengan membaca 75 kata per
menit
E.
Materi
Ajar
Membaca cepat 75 kata per menit
F.
Alokasi
waktu
1
x 20 menit
G.
Metode
1.
Unjuk Kerja
2.
Tanya Jawab
Model : Cooperative Learning
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Guru memberikan salam, berdoa dan melakukan presensi
b.
Guru menyiapkan mental
peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran
c.
Mengajukan pertanyaan
dengan mengaitkan materi yang akan dipelajari misalnya : siapa yang disini gemar membaca?
d.
Guru menjelaskan tujuan
dan cakupan materi pembelajaran hari ini
sesuai dengan silabus
2.
Inti
a.
Eksplorasi
1)
Guru menanyakan
apakah siswa senang membaca dongeng, cerpen atau artikel?
2) Guru memperlihatkan sebuah paragraf cerita dan
mengajak siswa untuk membaca di dalam hati, siswa yang paling cepat membaca
dapat mengangkat tangan
b.
Elaborasi
1)
Guru menjelaskan
manfaat dan langkah untuk membaca cepat
2)
Siswa
berpasangan dengan teman sebangku
3)
Guru membagikan
Lembar Kerja pada masing-masing kelompok
4)
Siswa menyiapkan
alat penghitung waktu dengan menggunakan jam tangan atau jam dinding yang
terdapat di kelas
5)
Guru memberi
aba-aba mulai dan seluruh siswa bergiliran membaca dan siswa yang lain
menghitung kecepatan waktu nya
6)
Setelah 7 menit
guru menghentikan aktivitas membaca keseluruhan
7)
Masing- masing
siswa mengerjakan soal yang terkait dengan bacaan sesuai dengan informasi yang
dia ketahui saat membaca
8)
Siswa menuliskan
kesimpulan bacaan yang dia ketahui
c.
Konfirmasi
1)
Siswa bersama
guru mencocokan jawaban masing-masing
2)
Siswa menuliskan
kecepatan membacanya pada lembar jawab
3)
Guru memberikan
penguatan informasi kepada siswa
4)
Guru memberikan
motivasi kepada peserta didik yang hari ini belum optimal dalam belajar.
3.
Penutup
a.
Guru dan peserta didik
menyimpulkan atau membuat rangkuman tentang pelajaran yang sudah dipelajari,,
b.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya,
c.
Guru menutup dengan
salam.
I.
Penilaian
Hasil Belajar
Prosedur
: postest
Jenis
: Tertulis
Bentuk
: Pilihan
Ganda
I. Pilihan Ganda
1. Berdasarkan bacaan di atas, salah satu masalah
pemerintah kita adalah . . . .
a. rendahnya tingkat kesehatan masyarakat
b. kemiskinan warga masyarakat Bajo
c. pendidikan anak-anak Bajo
d. teknologi tepat guna bagi warga Bajo
2. Pernyataan berikut ini yang benar adalah . . .
a. Kampung Bajo memiliki taraf kesehatan lingkungan
yang rendah.
b. Seluruh kampung di Kecamatan Kaledupa tidak sehat.
c. Kecamatan Kaledupa berada di daerah pegunungan.
d. Mata pencarian penduduk Bajo adalah mengelola
hutan.
3. Oleh karena kesulitan air bersih, masyarakat Bajo
banyak yang . . . .
a. meminum air laut
b. memasak dengan air laut
c. mandi dengan air laut
d. mengairi ladangnya dengan air laut
4. Salah satu kebiasaan warga Bajo yang memprihatinkan
adalah . . . .
a. hanya hidup dari laut
b. membuang sampah sembarangan ke laut
c. merusak tanaman bakau
d. sehari-harinya hanya makan berlauk ikan laut
5. Selain dari hasil laut, masyarakat Bajo mendapatkan
hasil dari . . . .
a. beternak unggas
b. berladang
c. kunjungan wisatawan
d. bantuan dari para pengusaha
II. Kunci Jawaban
1. A
2. A
3. C
4. B
5. C
.
Tehnik
Penilaian : Nilai
Akhir = Jawaban benar x 5
-
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
maksimal
|
1.
2.
3.
4.
|
Semangat
peserta didik
Kecepatan
dalam membaca
Ketepatan
dalam menemukan ide pokok
Kemampuan menjawab soal
|
5
5
5
5
|
|
Jumlah Total
|
20
|
J.
Sumber
Belajar
a.
Alat / Media
Artikel
Lembar
diskusi
b.
Sumber
1)
Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia
SD kelas 5
karangan H. Suyatno dkk.Penerbit Departemen Pendidikan halaman
66- 69
2)
Sumber lain yang
relevan
Semarang,6 Desember
2012
Mengetahui,
Praktikan
1 Praktikan
2
Septi
Dewi Sartika Amallia Ratri Wijayanti
NPM.
10120315 NPM.
10120296
Dosen
Pengampu
Hadi
Suroso,S.pd.M.pd
Lembar Kerja Siswa
Nama siswa :
Judul :
Membaca cepat
Kompetensi Dasar :
Menemukan
gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.
Tujuan :
Setelah siswa duduk berpasangan dan secara bergantian menghitung jumlah KM dan
KEM masing-masing siswa mampu mengidentifikasi gagasan utama pada teks dengan
membaca 75 kata per menit
Waktu :
7 menit
Alat dan bahan :
stopwatch, bolpoint, kertas
Langkah Kerja :
1. Siapkan jam atau manfaatkan jam dinding yang ada di
kelasmu
2. Bacalah dalam hati teks yang telah disediakan dibawah
ini!
3. Mintalah temanmu menghitung lama waktu yang kamu
gunakan! Lakukan bergantian!
4. Tulis kesimpulan dari bacaan yang kamu baca , kemudian
5. Jawablah pertanyaan dibawah ini pada lembar jawab !
6. Hitunglah KM dan KEM mu masing-masing!
7. Selamat Mengerjakan
Kesehatan Lingkungan
di Kampung Bajo
Salah satu masalah
pemerintah kita adalah rendahnya tingkat kesehatan
masyarakat. Contohnya, di Kampung Bajo, Kecamatan
Kaledupa, Kabupaten
Buton, Sulawesi Tenggara. Air tidak tersedia dengan
layak. Kondisi rumah masih
jauh dari standar kesehatan. Sanitasi tidak mendukung.
Semua itu menjadi indikasi
rendahnya tingkat kesehatan lingkungan atau masyarakat
Kampung Bajo.
Kampung Bajo merupakan salah satu objek kunjungan
wisatawan. Jalan-jalan
kayu yang kini terbentang membelah tengah desa adalah
salah satu hasil dari
banyaknya kunjungan turis. Ini berarti, kampung
tersebut memiliki daya tarik
tersendiri.
Namun, kita akan merasa
sedih jika kita masuk ke sisi-sisi terdalam di kampung
ini. Terutama jika kita keluar dari garis jalan kayu,
menyusup ke celah-celah
antargubuk di sana. Atau kita ikut mengendarai sampan,
mengelilingi sisi luar
kampung. Kita akan melihat pemandangan yang tentu saja
mengharukan. Bagaimana
tidak, kita mesti menyaksikan jamban-jamban pembuangan
yang hasil buangannya
jatuh begitu saja ke laut.
Hal itu baru satu
permasalahan. Masalah air bersih juga menjadi satu hal
penting di sini. Untuk mencukupi persediaan air, orang
Bajo harus membawa air
dengan jeriken-jeriken. Mereka juga harus menghemat
air karena di sana memang
sangat sulit mendapatkan air bersih. Untuk mandi saja,
mereka menggunakan air
laut.
Satu hal yang cukup
memiriskan adalah kebiasaan orang Bajo membuang
sampah di laut. Mereka berpikir bahwa laut itu
sedemikian luasnya. Jadi, kalau
membuang sedikit sampah di sana, tidak akan
berpengaruh sama sekali.
Dapat dibayangkan jika penduduk Bajo yang sekarang
sekitar 1.500 orang itu
setiap hari membuang satu kilogram sampah. Berarti
hampir setiap hari, laut di
sana menampung 1,5 ton sampah organik dan anorganik.
Kebiasaan ini sudah berjalan
turun-temurun di kalangan para nelayan. Menurut
mereka, laut tidak akan tercemar jika mereka membuang
sampah di sana. Tidak
ada yang dapat disalahkan memang. Orang-orang Bajo
hanyalah para pelaku
yang tidak mengerti. Pemerintah yang seharusnya lebih
banyak campur tangan
mengenai masalah ini. Hal itu karena pemerintah
memiliki tanggung jawab terhadap
warganya.
07:20
|
Label:
Kumpulan RPP Kreatif
|
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Powered by Blogger.
0 komentar:
Post a Comment